Ini Bukan Libur, Ini ‘Nganggur’

Hampir setahun gue ketemu sama seorang temen main di RT perumahan, waktu itu gue mau berangkat sekolah tiba-tiba ketemu dia.

Karna temen lama, gak enak kalo gak nyapa..

Gue: sehat bro? apa kabar?

Temen: baik. lo mau berangkat?

Gue: iya.. anak-anak udah gak pada keliatan nih

Temen: ya biasalah, udah pada kuliah

Gue: ohh…

Temen: Mungkin emang waktunya harus misah dulu, ntar juga ketemu lagi

Gue langsung mikir sambil denger jawaban dia yang singkat itu. Sejenak gue inget-inget balik zaman gue waktu liburan panjang mau masuk SMA, yoi, liburan panjang sehabis UN SMP. Itu baru bener-bener yang namanya liburan panjang, bukannya setengah tahun nunggu deg-degan was-was nggak tahu rezeki memutuskan untuk lanjut di universitas mana, kota mana, bareng siapa, gimana keadaan orang-orangnya, dan pikiran penyesuaian-penyesuaian yang lain yang sampe saat ini gue juga masih mikirin gimana 2 bulan lagi gue akhirnya resmi jadi Mahasiswa.

Balik ke inget-inget zaman SMP menuju SMA tadi..

Sambil jalan masih ada temen gue tadi, gue masih berhasil terpikir sama jawaban temen gue.

Gue masih kebayang-bayang waktu main futsal rame-rame sama mereka dari jam 4 sore sampe waktu maghrib. Tiap hari… Yes, tiap hari, tanpa ada pikiran pr, tugas, mau ngapain besok karna rutinitas waktu itu setiap hari selalu sama. Ketemu mereka tiap sore, main futsal di lapangan RT yang mungkin anak-anak sekarang udah gak pernah lakuin seseru kita dulu.

Waktu dia mau sampe rumahnya, gue balik ke realita, lagi jalan mau berangkat ke sekolah..

Gue: ohh haha, mungkin. (lanjutan sedikit percakapan gue tadi.)

Dan akhirnya gue jalan menuju sekolah, dia balik ke rumahnya.

Walaupun temen gue udah kebawa pergaulan yang gak begitu baik, sekolah udah gak lanjut, udah bikin tatto, tapi dia berhasil bikin gue yang masih nyari ilmu alias anak terdidik di bawah Kementerian Pendidikan Republik Indonesia dapet sesuatu yang lebih berharga daripada duduk berjam-jam di belakang meja kelas dengan pantat yang panas… Temen-temen, waktu seneng-seneng gak bakal keganti sampe kapanpun juga. Sesering mungkin kita nyoba ngulang having fun sama orang-orang yang sama atau nyaris sama di waktu yang berbeda-beda.

And back to the present, kayak gue ketik tadi di atas, 2 bulan lagi akhirnya gue resmi jadi Mahasiswa yang nanti pasti ketemu wajah, watak, dan waktu yang bener-bener beda dari masa ‘nganggur’ hari ini.

Sekali lagi, ini bukan liburan. Ini masa-masa nganggur di mana lo nunggu saatnya pisah sama temen-temen terdekat lo satu per satu, perlahan-lahan …

Temen gue: … ntar juga ketemu lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s